Contoh Dialog Konseling

 

NAMA:  Chika Lestari

NIM : 12006036

Program Studi: Bimbingan Konseling Islam

Semester/Kelas :  3/B

Mata Kuliah : Keterampilan Konseling

Dosen Pengampu : Dr Hj Fauziah M.Pd

Tugas : contoh kasus dalam bentuk dialog Konseling

Judul:

Mahasiswa yang kesulitan untuk memanage waktu

 

Banyak sekali terjadi ternyata mahasiswa masih mengalami keteteran dalam beberapa tugas dan tanggung  jawab, oleh karena itu banyak masalah masalah yang dapat terjadi. Di sini peran konselor hadir untuk membantu mahasiswa dalam memanajemen waktu.

Konseli : “ assalamualaikum...” ( sembari mengetuk pintu rumah seorang konselor)

Konselor : “wa’alaikumussalam , silahkan masuk (membuka pintu sambil mempersilahkan masuk dan duduk)

Konselor dan konseli :  (mereka duduk)

Konselor : “ bagaimana kabarmu hari ini?”

Konseli : “ baik bu

Konselor : “ alhamdulillah,, berdasarkan data yang saya terima saat ini kamu sedang mengalami kesulitan untuk memanage waktu ya..?”

Konseli : “ iya bu”

Konselor : “ baik kalau begitu boleh kah kamu menceritakan tentang kesulitan mu dalam mengatur waktu”

Konseli :  ( mengangguk) baiklah bu, jadi semenjak kuliah saya merasa kesulitan untuk memanage waktu terlebih lagi tugas kuliah itu banyak bu saya pun sambil bekerja dan berorganisasi di kampus. Sehingga banyak yang keteteran tidak selesai tepat waktu dan tidak maksimal dalam pengerjaannya. Saya bingung jika seperti ini terus

Konselor : “ baik...,lalu?”

Konseli :  “ Saya takut IPK saya turun, kinerja tidak maksimal dapat mengecewakan rekan kerja saya”

Konselor : “ Baik, saya tanggapi terlebih dahulu ya.. di sini posisinya kamu sudah mengerti konsekuensi yang akan terjadi jika hal itu di biarkan. Saya paham apa yang kamu rasakan”

(Sembari menatap mata Konseli)

Konseli: “ (menunduk )

Konselor : “ saat ini saya tanya ke kamu, apakah yang lebih prioritas bagi kamu di antara ketiga kegiatan tersebut?”

Konseli : “ (diam berpikir )

Konselor : Oke baik, seperti nya kamu belum dapat menentukan skala prioritas”

Konsei : “ iyaa bu”

Konselor : “ baik ya, saat ini yang harus kamu lakukan adalah menentukan skala prioritas. Karena bagaimanapun harus ada yang paling di utamakan. Antara kuliah, kerja dan organisasi. Agar memudahkan kamu dalam memanage waktu. Kamu harus melihat situasi dan kondisi mana yang genting dalam artian harus di kerjakan saat ini juga, mana yang penting harus di lakukan tapi bisa di tunda sebentar saja dan mana yang masih bisa di reschedule. Lihat timeline nya”

Konseli : “ begitu ya bu” ( sembari memikirkan perkataan Konselor )

Konselor : “ iyaa setelah membuat skala prioritas, buat list tugas/pekerjaan yang memang harus kamu lakukan. Asertif terhadap hal yang tidak bisa kamu lakukan, dan taktis pada hal yang masih bisa di Komunikasi kan”

Konseli : “ baik bu,saya paham. Berarti setelah ini saya harus membuat skala prioritas, buat list tugas/pekerjaan yang memang harus kamu lakukan. Asertif terhadap hal yang tidak bisa kamu lakukan, dan taktis pada hal yang masih bisa di Komunikasi kan”

Konselor : “ betul sekali”

Konseli : “baik insya Allah akan saya lakukan, terimakasih saran saran nya bu”

Konselor : “ “Baik sama sama, untuk hari ini kita cukup kan sampai di sini jika masih ada yang ingin di konsultasikan silahkan hubungi saya untuk mengatur jadwal pertemuan”

Konseli : “ baik ibu, kalau begitu saya pamit pulang ya”

Konselor : “ baik, kamu hebat mampu melakukan semuanya tetap semangat ya” ( sembari berdiri dan mengantarkan konseli ke depan pintu rumah”

Konseli :  “ terimakasih bu , saya pulang dulu assalamualaikum”

 Konselor : “ iyaa hati hati di jalan, wa’alaikumussalam"


Chika Lestari Pontianak 28 Januari 2022




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organisasi Yes Ipk Oke

Dunia Perkuliahan di Rantau